Sabtu, 15 September 2012

Apa itu informasi,data,DBMS maupun database?


Pada postingan ini akan membahas mengenai basis data lebih dalam.Apa itu informasi dan apa itu data?
Informasi adalah suatu data yang sudah diolah sedangkan data yaitu suatu fakta yang masih mentah pada kejadian tertentu yang dapat dicatat. Maka dapat disimpulkan DBMS adalah kumpulan data yang terorganisasi dengan baik sehingga mudah untuk disimpan bahkan juga untuk dimanipulasi yang mencakup suatu informasi.
Database berbeda dengan DBMS. Database adalah sebuah struktur yang dibangun untuk keperluan penyimpanan data sedangkan DBMS digunakan sebagai alat atau tool yang berperan untuk membangun stuktur dari database tersebut. DBMS sendiri mempunyai arti yaitu kumpulan program yang digunakan untuk memudahkan dalam mendefinisikan,mengatur,dan memproses database seperti input, edit, delete dari  database.

Software yang termasuk dalam DBMS diantaranya yaitu:
  1. Microsoft SQL Server
  2. Mysql
  3. Oracle
  4. Microsoft Access
  5. DB2
  6. Sybase
  7. Teradata
  8. Firebird
  9. Interbase
  10. PostgreSQL

Gambar dalam satu DBMS dapat mempunyai lebih dari satu database seperti pada gambar terdiri dari beberapa database Penjualan,Pembelian, dan  informasi barang.


Istilah-istilah dalam database yaitu:
  • Table
Sebuah tabel pada database merupakan kumpulan data berupa nilai yang diatur ke dalam baris record dan kolom field dengan nama yang spesifik bahkan unik.
  • Field
 Field merupakan kolom dari sebuah table pada database dengan ukuran  type data tertentu yang menentukan cara data tersimpan. 
  •  Record
Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait satu sama lain.  
  • Key
Key merupakan suatu field yang dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key,unique dan check.
  1. Primary Key adalah kata kunci hanya ada satu yang tidak boleh dalam keadaan kosong(NULL).
  2. Composite Key adalah kata kunci yang bisa mempunyai lebih dari satu kolom
  3. Foreign key adalah key yang menghubungkan kedua tabel berasal dari primary key maupun composite key.  
  4. Unique adalah kata kunci yang mempunyai dasar sama seperti primary key namun pada unique dibolehkan untuk memasukkan nilai NULL.
  5. Check adalah kata kunci yang digunakan untuk membatasi nilai-nilai yang dapat dimasukkan ke dalam suatu kolom di dalam tabel. Semisal kolom Jenis_kelamin nilainya dapat dibatasi berupa pria atau wanita selain nilai tersebut database akan menolak.
  • SQL
Structured Query Language atau istilah gampangnya SQL adalah suatu bahasa yang digunakan untuk mengakses database, SQL juga biasa disebut dengan query.  

Komponen dari SBD yaitu :
  •  Hardware (Perangkat Keras)
Terdiri dari semua peralatan komputer yang digunakan dalam pengelolaan basis data.Misal: HardDisk,keyboard,monitor.
  • Software (Perangkat Lunak)
Interface antara pengguna dengan data dari basis data tersebut. Misal: MySQL,SQL serer,Oracle,POS,Inventory Sysyem.
  • Data
  1.  Input data adalah data dari luar sistem yang dimasukkan melalui peralatan input seperti keyboard.
  2. Output data adalah data berupa laporan melalui peralatan seperti printer,screen yang digunakan sebagai hasil dari proses dalam suatu sistem pengaksesan data operasional.
  3. Data operasional terdiri dari data yang tersimpan dengan baik berupa data master maupun data transaksi.

  • Database administrator mempunyai tugas diantaranya :

  1. mendefinisikan basisdata    
  2. menetukan isi basisdata
  3. menentukan sekuritas basisdata

 Macam-macam perintah dari database
  1. DDL atau Data Definition Language bisa juga disebut dengan bahasa definisi data adalah perintah untuk menjalankan skema terhadapa DBMS. Skema itu sendiri adalah penjelasan secara lengkap tentang hubungan data dengan database secara lengkap.
  2. DML atau Data Manipulation Language bisa juga disebut bahasa manipulasi data mempunyai funsi untuk mengubah atau memanipulasi data pada database tersebut. Bahasa manipulasi data terdiri dari Prosuderal dan non-prosedural.Prosedural yaitu mengharuskan user memasukkan data apa saja yang dibutuhkan dan cara untuk memperolehnya. Sedangkan non-prosedural yaitu mengharuskan user memasukkan data apa saja yang dibutuhkan dan tidak diperlukan cara user memperoleh data tersebut.
  3. DQL atau Data Query Language adalah Query yang merupakan pertanyaan dan permintaan.

Model Database
  1. Model Hirarkis adalah model database yang mengatur data ke dalam bentuk hirarki pada model hirarkis terdapat baris data yang dijadikan sebagai induk(parent-record) dan data yang dijadikan sebagai anak(child-record). Dengan metode ini satu induk(parent-record) dapat memiliki lebih dari satu anak(child-record). Pada metode hirarkis kecepatan data dilakukan dengan cepat tetapi struktur datanya tidak fleksibel sehingga modifikasi pada data sulit dilakukan.
  2. Model Jaringan adalah model database jaringan yang merupakan perkembangan dari model hirarkis dimana pada satu anak(child-record) dapat memiliki lebih dari satu induk(parent-record).
  3. Model Rasional adalah model database yang dimana data tersebut disimpan dalam tabel-tabel yang berelasi satu dengan yang lain.

Unknown

You Think Can You Will Can

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright @ 2014 You Think Can You Will Can.

Designed by Templateify & Sponsored By Twigplay